You Are Reading

0

MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) Beserta Dampak Positif dan Negatifnya

Mohammad Rezki Praditya Jumat, 22 Januari 2016 ,
MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) Beserta Dampak Positif dan Negatifnya


Assalammualaikum Wr.Wb
      Kali ini saya akan membahas tentang MEA, singkatan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN. MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) mempunyai pengertian sebagai sebuah masyarakat yang saling berhubungan dan memiliki keterkaitan dalam melakukan integrasi antara satu dengan yang lainnya yang berada dalam kawasan Asia. Dari adanya MEA tersebut akan adanya perdagangan secara bebas antar masyarakat Asia yang sebelumnya membuat kesepakatan bersama dengan para pemimpin yang merupakan perwakilan dari negara Asia tersebut. Dengan begitu akan membuat perekonomian masyarakat Asia menjadi lebih stabil, makmur, serta dalam pembangunan ekonominya mempunyai sifat yang kompetitif. Tujuan diadakannya MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) adalah agar setiap kawasan Asia dapat meningkatkan stabilitasnya dari segi bidang perekonomian dan berharap dapat mengatasi berbagai macam masalah yang berkaitan dengan perekonomian diwilayah Asia tersebut.

      Tujuan terbentuknya MEA pasti memiliki maksud ingin menghilangkan secara signifikan hambatan-hambatan kegiatan ekonomi lintas kawasan tersebut, diimplementasikan melalui 4 pilar utama, yaitu :
  • ASEAN sebagai pasar tunggal dan basis produksi internasional (single market and production base) dengan elemen aliran bebas barang, jasa, investasi, tenaga kerja terdidik dan aliran modal yang lebih bebas
  • ASEAN sebagai kawasan dengan daya saing ekonomi yang tinggi (competitive economic region), dengan elemen peraturan kompetisi, perlindungan konsumen, hak atas kekayaan intelektual, pengembangan infrastruktur, perpajakan, dan e-commerce;
  • ASEAN sebagai kawasan dengan pengembangan ekonomi yang merata (equitable economic development) dengan elemen pengembangan usaha kecil dan menengah, dan prakarsa integrasi ASEAN untuk negara-negara CMLV (Cambodia, Myanmar, Laos, dan Vietnam); dan
  • ASEAN sebagai kawasan yang terintegrasi secara penuh dengan perekonomian global (integration into the global economy) dengan elemen pendekatan yang koheren dalam hubungan ekonomi di luar kawasan, dan meningkatkan peran serta dalam jejaring produksi global.
       Dalam proses penyelanggarannya pasti menumbulkan kontrofersial seperti timbulnya dampak positif dan negatifnya, berikut dampak positif dan negatifnya menurut pengamatan saya : 

--> Dampak Positif
  1. Meningkatkan nilai ekonomi diwilayah tersebut
  2. Bebasnya bekerja di luar negeri
  3. Nilai ekonomi di wilayah ASEAN akan stabil
--> Dampak Negatif
  1. Persaingan jual antara produk lokal dengan produk luar negeri
  2. Apabila produk luar lebih dominan, produk dalam negeri akan rugi
  3. Jika kita kalah bersaing, produk dan jasa kita tidak laku dan itu akan membuat pengangguran bertambah.
     Berikut sekilas tentang MEA beserta dampak positif dan negatifnya, mohon maaf jika ada salah salah kata, sekian dari saya.
Wassalammualaikum Wr.Wb

Sumber :
- http://www.seputarukm.com/penjabaran-mengenai-mea-masyarakat-ekonomi-asean/
- http://www.gajimu.com/main/tips-karir/peluang-dan-tantangan-dalam-menghadapi-masyarakat-ekonomi-asean
- http://m.news.viva.co.id/news/read/717164-menakar-dampak-positif-dan-negatif-mea-terhadap-indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Informaticology