You Are Reading

0

Pengaruh Kebudayaan Barat yang Masuk ke Indonesia

Mohammad Rezki Praditya Senin, 28 Maret 2016 ,

Pengaruh Kebudayaan Barat yang Masuk ke Indonesia 

Assalammualaikum .Wr.Wb,
   Dalam tugas kali ini saya diberi kesempatan untuk membuat sebuah artikel tentang "Pengaruh Kebudayaan Barat yang Masuk ke Indonesia", dalam hal ini saya akan menuliskan apa saja yang masuk ke Indonesia oleh sebab kebudayaan Barat.

>> Pengaruh yang saat ini telah di rasakan Indonesia sebagai sebuah negara kepulauan yaitu:
1. Dalam Aspek Arsitektur (Pembangunan)
2. Makanan
3. Bahasa dan Budaya
4. Gaya Hidup
Berikut penjelasan dari poin - poin di atas:
1. Aspek Arsitektur (Pembangunan)
Gedung Capitol Hill (gedung parlemen AS), Amerika Serikat dengan gedung Mahkamah Kontitusi, Jakarta
     Dalam bidang Arsitektur, Indonesia salah satu negara yg terkena dampak besar dari pengaruh kebudayaan Barat, tetapi dalam hal ini menimbulkan sisi positif dan negatif.
>Sisi Positif
1. Membuat Banyak inovatif design.
2. Menambah keindahan tata kota.

>Sisi Negatif
1. Efek yang ditimbulkan oleh gedung pencakar langit yang di lapisi kaca menyebabkan pemanasan global.
2. Banyaknya lahan terbuka hijau menjadi tempat pembangunan gedung gedung pencakar langit.
3. Kurangnya pembangunan menggunakan campuran design tradisional atau bangunan adat.

2. Makanan 

Nasi Goreng
KFC (Kentucky Fried Chicken)



   Dalam hal Makanan, indonesia yang kaya akan rempah rempah pastinya tidak akan tertandingi oleh makanan dari wilayah barat dan sekitarnya, terbukti dari Rendang, Nasi Goreng, dan Sate yang sudah mendunia dan bahkan Rendang di nobatkan sebagai makanan terbaik no1 di dunia. Akan tetapi indonesia tidak luput dari pengaruh makanan barat, terutama makanan cepat saji atau disebut juga dengan junk food dari wilayah barat, contoh saja seperti KFC,dll. namun dari dampak maraknya makanan cepat saji tersebut menibulkan banyak polemik, dari bidang kesehatan dan standar ke halal an nya sendiri. Makanan cepat saji dalam berbagai banyak penelitian bisa menyebabkan penyakit dalam jangka waktu panjang. maka oleh sebab itu indonesia harus menghentikan investor yang akan membuat perusahaan makanan cepat saji di indonesia, agar terhindar dari penyebab yang ditimbulkan oleh makanan cepat saji tersebut.

3. Bahasa dan Budaya
   Dalam berbahasa dan budaya dari barat menjadi salah satu pengaruh yang terlihat, dari cara berbahasa seringkali kita mendengar seseorang suka mencampurkan berbicara bahasa negeri sendiri dengan bahasa negeri luar, dan juga orang di era sekarang lebih suka memperdalam bahasa negeri orang melainkan negeri sendiri. Menguasai lebih dari 1 bahasa memang terlihat bagus, tetapi kalau bahasa negeri sendiri saja belum bisa menguasainya itu menandakan bahwa dari segi bahasa saja menandakan bahwa tidak mencintai atau menghargai negeri sendiri.Dan dalam segi budaya, budaya barat terkenal dengan budaya bebas, terlihat dari cara berpakaian nya yang bebas (minim), sedangkan budaya indonesia banyak yang menganut agama islam, dan islam mengajarkan untuk menjaga aurat, sedangkan dalam budaya barat lebih tepatnya dalam berbusana, lebih melihatkan aurat dari pada menutup aurat.

4. Gaya Hidup
   Gaya hidup budaya barat sangatlah berbahaya, salah satunya dengan sex bebas. Sex bebas sangat berbahaya karena mudah menimbulkan HIV/AID, dan dalam segi agama yang di ajarkan dari semua agama, sex bebas sangat di tentang dan tidak diperbolehkan.

   Berikut artikel yang saya buat dalam hal Pengaruh Kebudayaan Barat yang Masuk ke Indonesia, maaf bila ada salah - salah dan berbeda pendapat.
Wassalammualaikum. Wr.Wb
























0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Informaticology